30 Mei 2008

Tips Mengoptimalkan Ta’lim Lewat CD/DVD




Oleh: Abu Umar Al-Bankawy


Pekerjaan terkadang melalaikan kita dari kewajiban kita untuk menuntut ilmu. Tidak jarang kesibukan begitu menyedot waktu kita, sehingga majelis ta’lim pun jarang kita sambangi. Di sisi lain, frekuensi ta’lim di setiap daerah berbeda-beda. Ada yang penyelenggaraannya sudah begitu intensif, sehingga kapan pun seorang ikhwah bisa mengikuti dars (pelajaran). Ada pula yang frekuensinya masih jarang, paling seminggu sekali. Ini pun hanya bisa dihadiri kalau tidak bertabrakan dengan jadwal kerja.

Untuk itu, mungkin tips ini bisa bermanfaat agar kita masih dapat meraih seteguk kesegaran ilmu di tengah gersangnya kesibukan kita.

1. Carilah CD atau DVD kajian ahlussunnah.

Alhamdulillah, sekarang tasjilat sudah begitu banyak. Kita tinggal memesannya baik secara online.

2. Sediakanlah komputer, MP3 atau CD player.

3. Pilihlah waktu yang memungkinkan untuk menyetelnya.

Sesuaikan dengan kondisi Anda. Bisa di waktu istirahat, di perjalanan pulang dan pergi dari kantor, setelah tiba di rumah, atau sebelum berangkat kerja.

4. Pilihlah pembahasan yang lengkap

Kalau bisa, pilihlah CD kajian yang membahas sebuah permasalahan secara tamam (komplit). Dengan demikian faedah yang Anda peroleh juga akan menyeluruh. Namun ini tidaklah mutlak, kajian apa saja walaupun sifatnya parsial (hanya membahas bab tertentu saja dari sebuah kitab, biasanya ini diperoleh dari daurah-daurah), tetap bagus untuk didengarkan.

5. Sediakan buku tulis

Walaupun ta’lim ini cuma lewat CD, sediakan juga buku dan alat tulis. Catat faedah-faedah yang bisa diperoleh dari ta’lim. Ini akan memudahkan Anda untuk muraja’ah (mengulang-ulang pelajaran)

6. Cari kitab yang dibahas

Dengan adanya kitab (bahasa Arab) yang dibahas, ta’lim yang kita ikuti akan terasa lebih asyik. Dengan memegang kitab pula, kita bisa menambah mufradat (kosakata) bahasa Arab secara perlahan-lahan. Kitab-kitab bisa didownload secara gratis dari situs-situs seperti www.sahab.net, www.islamspirit.com, atau bisa didownload dari situs-situs penulis kitab tersebut, seperti Syaikh Ibnu Utsaimin di www.ibnothaimeeen.com .

7. Jangan lupa muraja’ah (mengulang-ulang pelajaran)

Sekali lagi, meskipun ta’limnya hanya lewat CD, namun kita upayakan untuk menjalaninya seperti ta’lim biasa. Lakukanlah muraja’ah secara rutin agar pelajaran yang diberikan bisa melekat di hati kita.

CATATAN:

Tips ini hanya dilakukan dalam keadaan DARURAT. Maksudnya, ketika di tempat kita sudah ada majelis ilmu dan Anda bisa datang ke sana, maka datangilah. Jadikan kajian CD sebagai tambahan saja. Hal ini karena di ta’lim-ta’lim di masjid akan ada banyak keutamaan yang tidak diperoleh dari sekedar mendengar ta’lim dari CD. Seperti munculnya sakinah (ketenangan) pada diri kita, didoakan para malaikat, dan beragam keutamaan lainnya yang warid dari hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang keutamaan majelis ilmu.

(Ditulis oleh: Wira Mandiri/Abu Umar Al-Bankawy)

(Sumber: http://dvddakwah-online.com/dvd/?page_id=4)